ASSALAMU'ALAIKUM WAR.WAB.
Sebelum membahas karakteristik dan ciri-ciri supervisor yang baik, alangkah baiknya jika kita membahas apa sih  supervisi itu ???

 
Supervisi adalah suatu usaha atau bantuan yang diberikan kepada guru dalam meningkatkan situasi belajar-mengajar menuju kearah yang lebih baik. Dan orang yang ahli dalam bidang supervisi disebut Supervisor. Seorang supervisor yang baik harus memiliki beberapa karakteristik dan kompetensi yang baik. Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai hal itu.

Karakteristik dan Ciri-Ciri Supervisor yang Baik

Karakteristik Supervisor yang Baik
Seorang supervisor yang baik harus mengetahui 4 K dari karakteristik supervisor ideal, yaitu :
  1. Karakter, Supervisor haruslah seorang yang jujur, artinya mengakui semua perbuatannya: benar atau salah. Supervisor juga haruslah berintegritas, artinya melaksanakan apa yang diucapkannya, menjadi teladan, walk the talk – tidak ‘asbun’.
  2. Koperatif, Supervisor harus bisa bekerja sama dengan bawahan, klien, supplier, sesama supervisor, dan atau manajernya. Dia tidak dapat bekerja soliter lagi.
  3. Kompeten, Supervisor haruslah orang yang kompeten di bidangnya. Bersyukurlah bila Anda memulai dari bawah, karena mungkin saja Anda dipromosikan karena Anda dinilai kompeten di bidang tersebut. Jika Anda fresh graduate dan mendapat rejeki nomplok sebagai supervisor, cobalah Anda mendalami bidang yang Anda geluti. Jangan malu untuk bertanya pada bawahan Anda.  Lebih mudah bagi Anda untuk memberikan pengarahan, misalnya, jika Anda tahu persis apa yang terjadi di gemba.
  4. Komunikatif.  Karena anda berhubungan dengan manusia, bukan robot atau mesin, Anda harus berbicara dalam ‘bahasa manusia’.  Jadilah pendengar yang baik, berikan respon yang tepat – bukan menggurui – bukan menasehati apalagi mengecam. Latihlah diri Anda untuk mengucapkan artikulasi dengan jelas, bangunlah kepercayaan diri untuk berani berbicara di depan umum. Latihan presentasi, memberikan briefing, melakukan coaching, memberikan feedback, membantu problem solving, memimpin meeting, meningkatkan negotiating skills, melakukan komunikasi telpon, surat menyurat, menulis laporan, membuat pengumuman, membuat grafik, dll sesuai dengan bidang pekerjaan Anda.
Ciri-ciri Supervisor yang Baik

Seorang supervisor hendaknya memiliki cirri-ciri pribadi sebagai guru yang baik, memiliki pembawaan kecerdasan yang tinggi, pandangan yang luas mengenai proses pendidikan dalam masyarakat, kepribadian yang menyenangkan dan kecakapan melaksanakan human relation yang baik.
Supervisor yang baik selalu merasa dibimbing oleh penemuan-penemuan yang telah didapat dari hasil-hasil penelitian pendidikan dan mempunyai kesempatan untuk menyatakan pendapat-pendapat itu di dalam diskusi-diskusi kelompok dan pertemuan-pertemuan perseorangan. Dia hendaknya merupakan pemimpin sumber dalam segala bidang yang mengenai supervisi sekolah dan perbaikan pengajaran.Mungkin ia adalah seorang spesialis dalam bidang tertentu, tetapi disamping itu ia pun harus dapat merupakan seorang generalis di dalam approach-nya terhadap keseluruhan program sekolah.
Thomkins dan Backley menyatakan kualitas penting bagi seorang supervisor sebagai berikut : “Memiliki intuisi yang baik, kerendahan hati, keramah-tamahan, ketekunan, sifat humor, kesabaran dan sebagainya adalah ciri-ciri yang penting karena supervisi menyangkut hubungan antara orang-orang.”

Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman yang sedang menyusun tugas ataupun skripsi. Semoga bermanfaat.
WASSALAMU'ALAIKUM WAR.WAB 

Komentar

  1. Caesars Palace (Casino, Marina) - Mapyro
    › mapyro › caesars-pal › mapyro › caesars-pal 8 나주 출장마사지 reviews of Caesars Palace. Find 화성 출장안마 the reviews and 동두천 출장안마 ratings for Caesars Palace in Las 과천 출장안마 Vegas, NV. 안성 출장마사지

    BalasHapus

Posting Komentar